Hakim-hakim 11:1-11 | Keputusan untuk Berkarya

Hakim-hakim 11:1-11

Keputusan untuk Berkarya — Ketika Allah memanggil kita untuk melakukan suatu karya bagi-Nya tidak bisa dipungkiri bahwa ada perasaaan-perasaan tertentu yang hadir dalam hati dan pikiran kita yang kemungkinan besar menjadikan kita ragu dalam mengambil keputusan untuk menerima panggilan itu.

Hambatan untuk Berkarya

Yefta mengalaminya.
Hakim-hakim 11:1-11
Yefta dan Gilead
11:1 Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.
11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain."
11:3 Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang yang pergi merampok bersama-sama dengan dia.
11:4 Beberapa waktu kemudian bani Amon berperang melawan orang Israel.
11:5 Dan ketika bani Amon itu berperang melawan orang Israel, pergilah para tua-tua Gilead menjemput Yefta dari tanah Tob.
11:6 Kata mereka kepada Yefta: "Mari, jadilah panglima kami dan biarlah kita berperang melawan bani Amon."
11:7 Tetapi kata Yefta kepada para tua-tua Gilead itu: "Bukankah kamu sendiri membenci aku dan mengusir aku dari keluargaku? Mengapa kamu datang sekarang kepadaku, pada waktu kamu terdesak?"
11:8 Kemudian berkatalah para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Memang, kami datang kembali sekarang kepadamu, ikutilah kami dan berperanglah melawan bani Amon, maka engkau akan menjadi kepala atas kami, atas seluruh penduduk Gilead."
11:9 Kata Yefta kepada para tua-tua Gilead: "Jadi, jika kamu membawa aku kembali untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka kepadaku, maka akulah yang akan menjadi kepala atas kamu?"
11:10 Lalu kata para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Demi TUHAN yang mendengarkannya sebagai saksi antara kita: Kami akan berbuat seperti katamu itu."
11:11 Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa.
Pengalaman dikecewakan, ditolak, diejek (Hakim-hakim 11:2) membuat Yefta ragu terhadap panggilan itu (Hakim-hakim 11:7).

Salah satu fakta menarik terdapat dalam ayat 3.

Hakim-hakim 11:3
Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang yang pergi merampok bersama-sama dengan dia.

Hal itu mau mengatakan kepada kita bahwa betapa dekatnya diri kita ini kepada "Jalan yang Tidak Seturut dengan Kehendak Allah" ketika pengalaman tidak mengenakkan itu hadir dalam sejarah hidup kita.

Akhirnya: Kita melarikan diri ke arah yang salah; salah jalan dan jadinya nyasar! (Hakim-hakim 11:3).

Mungkin itulah sebabnya mengapa salah satu definisi harafiah dari kata: dosa, dalam Perjanjian Lama adalah (Ibrani:) hatta. Artinya ‘tidak tepat sasaran, meleset’.

Yefta, seorang pahlawan yang gagah perkasa (ayat 1) yang seharusnya bisa berkarya luar biasa oleh Allah, akan tetapi dalam ayat 3 ini dia meleset ke tanah Tob.

Karya Allah: Hambatan menjadi Kesempatan

Untungnya kisah Yefta tidak berhenti sampai ayat 3. Dalam ayat selanjutnya dikatakan bahwa para tua-tua Gilead datang menjemput Yefta untuk menjadi pemimpin mereka.

Pertanyaan penting: Mengapa harus Yefta, seseorang yang dahulu pernah mereka perlakukan secara tidak menyenangkan?

Dalam sejarah Israel, masa Hakim-hakim adalah masa di mana Israel sebagai satu kerajaan belumlah terbentuk.

Jika mau dibandingkan dengan keadaan bangsa-bangsa lain, tentulah Israel kalah jauh: strategi perang, teknologi perang, bala tentara yang terlatih, dll.

Mungkin ada kaitannya, kenapa para tua-tua Gilead saat ini datang ke Yefta – seorang pemimpin perampok, bukan orang lain.

Itu artinya: bahkan seandainya pun kita memiliki pengalaman "melesat dari sasaran," Allah sanggup untuk mengubah pengalaman "salah jalan" itu untuk kebaikan kita dan juga kabaikan orang-orang yang berada di sekitar kita, terlebih untuk berkarya bagi Tuhan. Contoh: Mantan Narkoba, Mantan Resedivis, ... .

Keputusan untuk Berkarya

Sekarang tinggal bagaimana keputusan kita? Allah yang Memanggil, Allah pula yang Memperlengkapi dan Menguatkan.

Inilah yang terpenting: Memutuskan untuk mulai berada di arah yang benar dan mulai berkarya bagi Tuhan (ayat 11).

Masalahnya adalah dalam hal mengambil keputusan untuk mau dipakai oleh Allah menyatakan karya-Nya, yang epenuhnya memegang ‘kunci gembok’nya itu kita.

Lalu di mana peran orang lain dan Tuhan? Tak pernah berhenti untuk meyakinkan kepada diri kita bahwa Allah bisa berkarya dalam diri kita. Hanya seandainya kita percaya dan mau memerikan kesempatan kepada Allah untuk membuktikan hal itu dalam hidup kita.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>