Matius 16:21-23 | Meneguhkan Hati, Berjalan bersama Yesus, Hadapi Penderitaan

Renungan Khotbah Tafsir Matius 16:21-23 Masih ada yang mengaitkan kesuksesan hidup bukti diberkati, sedangkan penderitaan adalah hal sebaliknya.
Matius 16:21-23

Matius 16:21-23 — Adalah seorang gadis yang dibesarkan dalam keluarga yang masih menganut kepercayaan para leluhur. Namun, sejak kecil gadis ini sudah mengenal Injil lewat Sekolah Minggu yang diikutinya, bahkan ia sudah menerima sakramen baptis 3 tahun yang lalu.

Gadis ini menjalin hubungan dengan seorang pendeta muda. Karena merasa ada kecocokan dan saling mencintai, mereka pun memutuskan untuk menikah.

Ketika gadis tersebut menyatakan keinginan mereka kepada ayahnya, sang ayah berkata, “Mei Mei, Markus mungkin pemuda yang baik, pengkhotbah yang cemerlang, tetapi apakah engkau sungguh-sungguh sudah mengenal dia? Ingat, kita sama sekali tidak tahu latar belakang keluarganya bagaimana!”

Gadis itu pun menjawab, “Mungkin tidak, Papa. Tetapi saya tahu persis ke mana ia pergi dan saya ingin pergi bersama dengan dia.”

Semakin lama seseorang membangun hubungan dengan seorang yang lain, seharusnya membuat orang itu menjadi semakin mengetahui dan menyadari jauh lebih dalam lagi tentang perilaku dan kebiasaan, sikap bahkan tujuan hidup dari orang tersebut – seperti cerita ilustrasi tentang gadis dan pendeta muda itu.

Petrus, tokoh utama yang ada dalam perikop Alkitab kita, bukan tergolong ‘orang baru’ yang mengikut jalan Tuhan pada waktu itu. Akan tetapi bila kita membaca perikop kita hari ini dan menemukan hardikan Yesus yang keras kepada Petrus: “Enyahlah iblis! Engkau batu sandungan bagi-Ku!” … ternyata sampai selama itu Petrus mengikuti jalan Tuhan, sampai sejauh itu pula Petrus belum benar-benar mengenali tujuan, visi dan misi Yesus!
Matius 16:21-23
Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus
16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
16:22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."
16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."
Hati Petrus tidak kuat untuk menerima berita tentang jalan penderitaan yang akan dialami oleh Guru-nya itu (ayat 21). Apa yang Petrus bayangkan selama ini tentang masa depan kehidupannya bersama dengan ‘kelompok Yesus’ … bahwa Yesus itu calon pemimpin baru Israel, calon raja Israel … ternyata, pikiran itu tidak sama dengan apa yang ada dalam pikiran Yesus (ayat 23).

Pikirku

Dalam kehidupan keseharian kita, seringkali kita berjumpa dengan Petrus-Petrus modern yang hidup di masa kini. Mereka akan mengatakan kepada kita juga ketika kita mengalami penderitaan: “Penderitaan sekali-kali takkan menimpa engkau! Allah akan menjauhkan penderitaan dalam hidupmu jika engkau tidak berlaku cela dihadapan-Nya!” terdengar akrab di telinga kita?

Bukankah banyak orang di masa sekarang ini yang seringkali mengaitkan ‘kesuksesan hidup duniawi’ sebagai bukti bahwa ‘hidupnya diberkati oleh Allah’ (dan sebaliknya, penderitaan adalah karena dosa, - ingat kisah Ayub) Jadi kalau Anda hidup menderita saat ini, segeralah pengakuan dosa supaya Anda bisa diselamatkan oleh Allah – begitu ‘motto mereka.’

PikirNya

Hal ini terlihat bertolak belakang dengan apa yang Yesus sampaikan kepada kita di dalam ayat 21.

Matius 16:21
Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Justru jalan penderitaan itulah yang Yesus percaya sebagai jalan untuk dapat menemukan kemuliaan di balik situasi penderitaan yang harus Dia alami itu (ayat 21).

Sebagai orang percaya kita semua mengaminkan bahwa kita memiliki hidup berkemenangan di dalam Tuhan. Akan tetapi, bagi Yesus, anugerah hidup berkemenangan yang Dia berikan untuk kita sekarang, harus Dia bayar dengan jalan penderitaan.

Dengan kata lain, Yesus mau menunjukkan kepada kita dalam ayat 21 – ada harga yang harus dibayar untuk dapat melihat kemuliaan yang Tuhan sediakan dibalik penderitaan itu.

Sekarang, bersediakah kita untuk meneguhkan hati kita, seperti Yesus meneguhkan hati-Nya ‘menyambut jalan penderitaan’ yang akan atau sedang kita hadapi saat ini? Hal-hal apa saja yang dapat meneguhkan hati kita dalam menghadapi penderitaan yang kita alami saat ini?

Tak pernah ada cobaan yang Dia tak ada di sana. Tak pernah ada beban yang tidak ditanggung-Nya. Tak pernah ada derita yang tidak ikut dirasakan-Nya. Waktu demi waktu, kita ada dalam perlindungan-Nya. (Daniel W. Whittle)

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>