Mazmur 40:1-6 | Aku Percaya

Mazmur 40:1-6

Aku Percaya — Di Jerman, katanya, ada satu daerah yang unik. Rhine, daerah yang penuh dengan batu-batu - perbukitan yang juga agak gersang karena memang gak pernah di kasih pupuk. Akan tetapi, anehnya ada perkebunan anggur di atas sana yang tumbuh dengan suburnya.

Kenyataan itu mendorong para peneliti untuk menyelidiki "mengapa bisa begitu"? Ternyata setelah dilakukan penelitian di sana mereka menemukan bahwa akar-akar dari pohon anggur itu bertumbuh panjang sampai mencapai sungai Rhine!

Ternyata yang paling menentukan dari tanaman anggur di sana itu bukan pada tempat atau keadaannya ataupun situasi di mana dia tumbuh. Akan tetapi, bagaimana pohon anggur itu bisa mengakarkan diri hingga ke sumber air!
Mazmur 40:1-6
Syukur dan doa
40:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. 40:2 Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong. 40:3 Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, 40:4 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN. 40:5 Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan! 40:6 Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.
Dalam bahasa Firman Tuhan hari ini:
"Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, ..."

Menaruh kepercayaan dan tetap mengakarkan diri kepada Tuhan pasti membawa perbedaan besar dalam hidup kita.

Saya punya satu data dan fakta juga, ada dua orang yang pernah hidup ...

Yang pertama adalah Max Jukes.

Sejarah mencatat dia sebagai orang yang 'tidak percaya' dan inilah data tentang beberapa keturunan dari 1029 keturunan Max Jukes:

300 orang mati muda
100 masuk penjara
100 orang alkoholik
190 WTS

dan dicatat juga bahwa keturunan Max Jukes ini mendatangkan kerugian negara sebesar $ 1.200.000

Di sisi lain, ada seorang juga yang bernama Jonathan Edwards.

Sejarah mengingatnya sebagai 'orang percaya' dalam hidupnya. Dan inilah data tentang keturunan Edwards (dari 729 keturunan):

300 orang menjadi pengkhotbah
65 orang menjadi professor
13 menjadi rektor
60 orang pengarang
3 anggota kongres
1 yang menjadi wakil presiden

Saya percaya bahwa Tuhan menyatakan kasih setia-Nya kepada kita semua yang percaya dan tentu saja buat opung yang hari ini ulang tahun.

Saya membayangkan 14/8/37 (hari kelahiran opung) ... dari tahun 1937, itu berarti opung sudah melewati berbagai macam masa kehidupan:

Masa penjajahan (waktu masih anak-anak dulu) masa pergolakan kemerdekaan(masuk remaja) masa pergolakan pemberontakan dan resesi ekonomi 1 dulu (pas pemuda) masa reformasi + resesi ekonomi II (ya pas sekarang-sekarang ini 10 tahun yang lalu).

Perjalanan panjang! Sampai sekarang opung dan keluarga menikmati buah-buah dari iman percaya itu melalui hidup keluarga, hidup anak-mantu-cucu opung.

Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung. (ayat 6)

Hari ini tepat 71 tahun opung punya usia, kami ingin mendengarkan nih dari opung, satu saja kesaksian opung tentang perjuangan hidup opung, perjumpaan dengan Tuhan, atau pengalaman mempertahankan rasa percaya opung dan keluarga kepada Tuhan ...

Satu peristiwa saja yang terpatri dalam hati opung ...

Sekarang mari kita baca ayat 4c
"Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN."

Siapa yang paling pertama melihat? Keluarga kita - menularkan hal itu pertama-tama kepada keluarga kita, sadar atau tidak itu yang terjadi.

Hari ini kita bukan hanya sekadar bersyukur karena opung tepat manjalani usia 71 tahun, tapi lebih dari itu. Kita juga bersyukur sangat bagaimana setiap peristiwa dalam hidup opung, hal itu juga ternyata memberikan arti berharga dalam pembentukan kehidupan keluarga opung sekarang ini ... untuk eyang putri, anak, menantu, cucu semua.

Itu yang perlu kita syukuri selalu dan diteladani oleh setiap kita anak cucu dan menantu opung bahwa di dalam percaya pada Tuhan, kita bisa melihat karya-Nya yang indah dalam hidup kita sekalian.

Tidak ada orang yang terlalu tua selain mereka yang telah kehilangan semangat. (Henry David Thoreau)

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>