Efesus 5:1-21

Bayang-Bayang Masa Lalu
Efesus 5:1-21


Ada satu cerita tentang perjalanan dua orang Rahib, pulang ke biara mereka. Di tengah jalan mereka menjumpai satu sungai dengan arus yang cukup deras. Nah kebetulan di sungai itu juga mereka ketemu dengan satu orang cewek/gadis cakep .... dia mau nyebrang juga tapi takut arus sungai deras itu.

Lalu salah satu Rahib itu menawarkan bantuannya: “Neng, aa gandeng yah biar sampe ke seberang” (... yah nawarin bantuannya gak kayak gitu loh yah ...) ... "maap mba, kalau mba tidak keberatan saya bisa bantu" ... Singkat cerita, mba-mba tadi mau ditolong, digendong sampai ke seberang sana.

Setelah sampai di seberang mereka lanjutkan perjalanan mereka masing-masing ... Setengah jam mereka jalan, rahib yang satunya lagi tiba-tiba ngomong ... “Bukannya kita sebagai Rahib itu gak boleh ya melihat cewek, apalagi sampe sentuh ... gendong lagi! ... Di sungai tadikan kamu sudah melakukan dua-duanya!! “

Rahib yang pertama itu pun menjawab:
“SAUDARAKU, AKU SUDAH MENINGGALKAN WANITA ITU
DI SEBERANG SUNGAI TADI. KENAPA ENGKAU
MASiH MEMBAWA PEREMPUAN TADI DALaM PIKIRANMU?

Mungkin salah satu masalah besar yang dihadapi oleh banyak orang adalah persis seperti yang terjadi dalam diri Rahib yang ke-2 ... “Bayang-bayang tentang kejadian yang sudah lewat, masa lalu ... tapi itu masih terus dibawa-bawa sampai sekarang!”

Kalau dalam cerita tadi ada cewek cakep yang di gendong ... ganti saja cewek cakep itu dengan: Kegagalan kita ditahun kemarin - Keterpurukan kita di tahun kemarin - Pergumulan kita di tahun kemarin ... Mungkin beberapa orang juga tanpa disadari lupa untuk meninggalkan itu semua setelah melewati arus sungai deras di tahun 2009 kemarin.

Yah tahun kemarin saya gagal ... sudah berulangkali dicoba tapi tetep saja ... paling juga tahun ini gagal lagi..
TIDAK MAMPU KELUAR DARI BAYANG-BAYANG MASA LALU

Ada yang lebih menakutkan lagi:
“Tuhan , kalau Tahun kemarina ku pilih jalan yang itu!!!
Mungkin sekarang hidupku beda.
Aku gak perlu kuatir lagi ... hidup enak”

Jalan apa?
ya aku jual Tuhan .... untuk dapatkan jalan itu?!

Saya jadi ingat cerita Pak Pintor di Bekasi ada Papan Iklan: Hadirilah ceramah Ust ... mantan Pdt --- Wah terjamin sudah!!! Tapi kehilangan sesuatu yang lebih-lebih besar dibanding hidup terjamin didunia yang cuma mampir ini ...

Suasana hati seperti itulah yang sebetulnya nampak dalam Pembacaan Alkitab kita hari ini. Jemaat Eferus: yg dahulu tak kenal Kristus … menjadi pengikut Kristus dengan latar belakang bukan bangsa Yahudi asli … Di tekan oleh latar belakang keluarga bukan Kristen ... di tekan lagi oleh saudara-saudara seiman yang berbeda suku bangsa budaya. Jadi orang Kristen bukannya sukacita malah tertekan ...

Lalu apa yang terjadi … bayangan-bayangan kehidupan masa lalu mereka tergambar dengan jelas lagi dalam pikiran mereka!!!

Ayat 8:
“Memang dahulu kamu adalah kegelapan,
tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan.
Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang ...."
[Seakan terang meredup]

Jangan terbuai oleh masa lalu kita ... BANGUN !! BANGKIT !!
Lihat kedepan sana SEJARAH belum terukir … masih kosong … baru 10 hari berlalu dari tahun 2010 ini.

Mungkin, tahun 2009 Tuhan mengizinkan berbagai pergumulan datang sebagai cara DIA mempersiapkan dan membentuk hidup kita untuk menerima berkat yang Tuhan sediakan dari Tahun 2010 ini.

Mari kita bangkit di tahun ini … Siapa tahu tahun depan apa yang selama ini kita doakan, harapkan … Tuhan nyatakan bagi kita.

Pdt. Gerry Atje: The Story Of Us

Terima kasih sudah membaca renungan atau artikel lainnya di blog ini. Akan menyenangkan sekali bila kita saling membangun dan menguatkan satu sama lain di dalam Tuhan. Untuk berlangganan artikel blog ini melalui email, sahabat bisa mendaftarkannya melalui kotak di bawah ini dan memverifikasinya melalui email. Salam hangat selalu, untukmu.

ShareThis