Hosea 11:1-11 | Degil, tapi Tetap Dikasihi

Renungan Khotbah Tafsir Hosea 11:1-11 Tetap keras kepala lalu mengundang Allah untuk menyelamatkan setelah kita ada di ICU?
Hosea 11:1-11

Degil, Tapi Tetap di Kasihi — Kisah ini terjadi di Georgia, salah satu Negara Bagian AS, pada tahun 1971. Ada seorang pria menikahi seorang wanita yang cantik dan baik, sayangnya dia tidak pernah menghargai istrinya.

Dia gak jadi suami yang baik dan ayah yang baik. Sering pulang malam mabuk-mabukan lalu pukuli anak istrinya.

Suatu hari ia memutuskan untuk mengadu nasib ke kota besar, dia curi tabungan istrinya dan pergi.

Sayangnya, di kota, ia terjerumus dalam dunia gemerlapnya kota. Selain bisnis, ia juga masuk dalam free sex, obat-obatan terlarang, judi hingga akhirnya ia bangkrut.

Otak jahatnya mulai berpikir untuk dapatin uang dan mulai menipu orang-orang dengan cek kosong. Tindakan itu akhirnya membuat ia ditangkap dan di penjara 3 tahun lama nya.

Menjelang masa akhir hukuman penjaranya, ia mulai rindu anak istrinya akhirnya ia menulis surat ke istrinya untuk ceritakan betapa menyesalnya dia, bahwa ia masih cinta dan berharap masih boleh kembali.

Namun ia sadar bahwa mungkin seseorang sudah terlambat, oleh sebab itu ia mengakhiri suratnya dengan menulis:
"Sayang, engkau tidak perlu menunggu aku, tapi jika engkau masih ada perasaan padaku maukah kau nyatakan? Jika kau mau aku kembali padamu, ikatkanlah sehelai pita kuning di satu-satunya pohon Oak yang ada ditaman kota. Apa bila aku lewat dan tidak menemukan sehelai pita kuning, tidak apa-apa. Aku akan tahu dan mengerti. Aku tak akan turun dari bis dan akan terus ke kota yang lain dan aku janji gak akan pernah ganggu kehidupan kamu dan anak-anak lagi."
Dia kirim surat itu, tapi tak juga kunjung tiba balasannya.

Pada hari lepas hukumannya, ia naik bus ke kampung halamannya dan menceritakan harapannya itu ke penumpang yang lain.

Semua berdebar. "Tolong pelan-pelan." Ternyata tidak ada sehelai pita kuning tapi beratus-ratus pita kuning!

Wow, luar biasa sekali. Sebuah gambaran nyata tentang pribadi yang begitu mengasihi hidup seseorang hingga ia rela melupakan luka hati-sakit hatinya demi membawa perubahan (hidup baru) bagi yang dikasihinya itu.

Degil, Tetap Dikasihi

Jangan salah, kita semua seharusnya bersyukur karena Allah yang kita kenal dalam Yesus adalah Allah yang sangat mengasihi hidup kita meskipun ...
Hosea 11:1-11
Kasih Tuhan mengalahkan kedegilan orang Israel
11:1 Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.
11:2 Makin Kupanggil mereka, makin pergi mereka itu dari hadapan-Ku; mereka mempersembahkan korban kepada para Baal, dan membakar korban kepada patung-patung.
11:3 Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka.
11:4 Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.
11:5 Mereka harus kembali ke tanah Mesir, dan Asyur akan menjadi raja mereka, sebab mereka menolak untuk bertobat.
11:6 Pedang akan mengamuk di kota-kota mereka, akan memusnahkan palang-palang pintu mereka, dan akan memakan mereka di benteng-benteng mereka.
11:7 Umat-Ku betah dalam membelakangi Aku; mereka memanggil kepada Baal dan berhenti meninggikan nama-Ku.
11:8 Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim? Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak.
11:9 Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.
11:10 Mereka akan mengikuti TUHAN, Ia akan mengaum seperti singa. Sungguh, Ia akan mengaum, maka anak-anak akan datang dengan gemetar dari barat,
11:11 seperti burung dengan gemetar datang dari Mesir, dan seperti merpati dari tanah Asyur, lalu Aku akan menempatkan mereka lagi di rumah-rumah mereka, demikianlah firman TUHAN.
Meskipun seperti tema kita hari ini: (banyak orang yang:) Degil, tapi tetap dikasihi!

Hosea 11:9
Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

Itu sebabnya kenapa ada peristiwa Natal yang hadir untuk menyelamatkan.


Pertanyaan penting: Mengapa dan apa yang menyebabkan seseorang menjadi sebegitu degilnya?

Kamus Bahasa Indonesia: Degil artinya keras kepala, ngeyel, gak mau dengar (perkataan Tuhan). Padahal Tuhan telah berulang kali nyatakan kuasanya dalam hidup mereka?

Hosea 11:1-6 Penyelamatan Mesir Pertolongan Allah. Akan tetapi, anehnya Hosea 11:7, Tetap degil! Keras kepala!

Pertanyaan: Mengapa? Apa sebabnya?

Kalau mau jujur, kadang kala kita menganggap diri kita. manusia, ini lebih pintar daripada Allah (Misalnya: datangi dukun).

Lebih tahu jalan daripada Allah, Jalan kebenaran itu sendiri (Misalnya: ke tukang ramal).

Merasa diri mampu menjalani itu sendiri jalan hidup tanpa Allah.

Padahal ...

Visual: Angkat Gelas Minuman. "Ah, kalo kaya gini doing sih sanggup saya!"

Coba 10-jam kata Tuhan (Touch the car)

Mari kita aminkan janji Tuhan dalam ayat 9 ini

Hosea 11:9
Dia datang menyatakan untuk menyelamatkan bukan untuk menghancurkan!

Bagaimana kita sambut kasih Allah itu dalam hidup kita? Tetap keras kepala lalu mengundang Allah untuk menyelamatkan setelah kita ada di ICU?

Semoga tidak perlu sampai segitunya. Tuhan Memberkati kita.

You may like these posts

1 comment

  1. Anonymous
    AMINπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>