Mazmur 131:1-3 | Love Story

Mazmur 131:1-3

Love Story — Hari ini dan beberapa hari ke depan pastilah menjadi hari yang paling membahagiakan buat Anggi dan mas nya ya.

Sebab ada dua peristiwa penting terjadi: Ulang tahun dan persiapan pernikahan.

Wow, yang terakhir itu tuh yang paling keren, sekali untuk seumur hidup soalnya, keren abis!

Ngomong-ngomong tentang persiapan pernikahan, jadi penasaran, bagaimana sih kisah cintanya Anggi dan mas nya? Boleh dong share sedikit.

Kapan .. di mana ketemunya?
Bagaimana cara menyatakan cintanya?
Pernah berantem gak?
atau apa ajalah yang mau di share kan ke kita-kita ...

Saya jadi inget cerita tentang kisah cintanya satu pasangan muda yang ini. Jadi ceritanya ada seorang cewek yang nanya sama cowoknya ...
Girl : Apakah aku pernah terlintas dalam pikiranmu?
Boy : Tidak

Girl : Apakah kamu benar-benar menyukaiku?
Boy : Tidak

Girl : Apakah kamu menginginkanku?
Boy : Tidak

Girl : Akankah kamu menangis jika aku pergi?
Boy : Tidak

Girl : Maukah kamu hidup untukku?
Boy : Tidak

Girl : Maukah kamu berbuat apa saja untukku?
Boy : Tidak

Girl : Pilih aku atau hidupmu?
Boy : Hidupku

Gadis itu berlari pergi dan merasakan sakit, dan laki-laki itu berlari segera menyusulnya dan berkata ….

Sayangku, tahukah kamu ...

Alasan mengapa aku tidak pernah memikirkanmu adalah karena kamu selalu ada dalam dipikiranku.

Alasan mengapa aku tidak menyukaimu adalah karena aku mencintaimu.

Alasan mengapa aku tidak menginginkanmu adalah karena aku membutuhkanmu.

Alasan mengapa aku tidak akan menangis jika kamu pergi adalah karena aku bisa mati jika kamu pergi.

Alasan mengapa aku tidak ingin hidup untukmu adalah karena aku akan mati untukmu.

Alasan mengapa aku tidak akan berbuat apapun untukmu adalah karena aku akan berbuat segalanya untukmu.

Alasan mengapa aku memilih hidupku adalah karena kamu hidupku.

Salah Paham

Yang saya mau katakan adalah pastilah dalam membangun sebuah hubungan kisah kasih kita dengan seseorang yang kita sayangi, misalnya, pasti ada saja hal-hal yang bisa saja membuat kita jadi kesal atau bahkan sampai marah .. kenapa?

Karena banyak hal lah ya: miss-komunikasi, berantem, gak perhatian, gak pengertian, atau bahkan sempet kepikiran "Oh ternyata dia gak sesayang itu sama saya" ... (inget kalimat itu kan ya ... dari lagu")

Cewek dalam cerita tadi pun sempat merasakan hal yang seperti itu, sebelum akhirnya dia mengerti maksud dan apa alasan cowoknya itu.

Seringkali gambaran tentang jatuh bangunnya kisah kasih kita kepada seseorang yang kita kasihi merupakan gambaran yang paling nyata juga ketika kita berhadapan dengan cerita kisah kasih kita bersama dengan Tuhan.

Mari kita buka Alkitab kita.

Mazmur 131:1-3
Menyerah kepada Tuhan
131:1 Nyanyian ziarah Daud. TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku.
131:2 Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.
131:3 Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel, dari sekarang sampai selama-lamanya!

Proses untuk Memahami

Apa yang terjadi?

Daud menyadari betul bahwa kisah kasihnya bersama dengan Tuhan adalah sebuah proses.

Proses yang di dalamnya dipenuhi oleh lika-liku jalan yang tak terpahami.

Menangis, tak mengerti, kesal atau malah mungkin sampai marah sama Tuhan karena kita menganggap Dia diam dan tidak berbuat apa-apa dengan keadaan kita sekarang: "Kalau memang Tuhan sayang sama saya ... Kenapa Dia diam?"

Love Story

Daud kemudian merefleksikan semua perasaan itu di dalam sebuah penggambaran yang dahsyat!

Seperti seorang anak yang disapih.

Disapih?

Kalau ada anak bayi, biasanya yang sudah berumur 3 atau 4 tahun, kemudian sang ibu ingin mengajari anak bayi ini untuk bisa menerima "makanan yang lebih keras" dari pada sekadar air susu, maka si ibu akan menyapih anaknya.

Dihentikan kebiasaan minum susu nya ... "biarin aja dah .. nangis-nangis aja kalau dia mau nangis mah."

Seakan-akan diantepin (hahaha diantepin .. itu bahasa bekasi kayaknya: diabaikan maksudnya) sama ibunya padahal ibunya memerhatikan selalu keadaan buah hati kesayangannya itu ...

Apabila waktunya sudah tepat, sang ibu mulai membiasakan memberikan makanan yang 'lebih keras' untuk pertumbuhan buah hati kesayangannya itu.

Tapi yang anehnya adalah Daud pada akhirnya mampu berkata: "Aku telah menenangkan diri dan mendiamkan jiwaku" ... bahkan kalimat itu Daud taruh sebelum kalimat "Seperti ibu menyapih anaknya" di ayat 2.

Apa yang terjadi? Kenapa di saat-saat seharusnya dia menangis, marah atau kesal sama Sang Ibu karena sedang di sapih ... tapi kok dia malah bisa bilang: "Aku tenang, aku mendiamkan jiwaku"?

Karena Daud menyadari maksud-maksud Tuhan dibalik peristiwa tangisnya waktu itu karena sedang disapih oleh-Nya.

Saya gak tahu bagaimana cara Tuhan menyapih hidup bapak atau ibu atau teman-teman muda sekarang ini.

Mungkin lewat kegagalan-kegagalan masa lalu.

Mungkin lewat kekecewaan-kekecewaan kemarin.

atau bahkan mungkin lewat kepahitan-kepahitan sejarah hidup kita ...

Tapi yang jelas adalah ... kenapa Tuhan berani mengambil resiko; tunggu dulu, Resiko?

Oh ya, Dia mengambil resiko untuk disalahpahami oleh kita tentang maksud baik-Nya itu ketika sedang menyapih hidup kita.

Kenapa Tuhan berani tetap mengambil resiko untuk mengizinkan peristiwa itu terjadi dalam kehidupan kita ...

Supaya kita semakin bertumbuh dewasa di dalam segala aspek kehidupan kita.

Supaya kita semakin mengenali cara-cara Tuhan dalam membangun kehidupan masa depan kita.

Supaya kita semakin menyadari juga bahwa ternyata Tuhan sesayang itu kepada kita.

Hati seorang ibu adalah sebuah jurang yang di dasarnya selalu ada maaf. (Balzac)

You may like these posts

1 comment

  1. Anonymous
    Terima kasih, saya sungguh diberkati oleh renungan ini.
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>