Kejadian 2:4-17

Taman Eden
Kejadian 2:4b-17


Bahan bacaan kita hari ini sebenarnya dari ayat 8-17, akan tetapi kalau boleh saya ingin mengajak kita semua untuk membacanya dari ayat 4b ...

Mungkin bapak dan ibu dan teman-teman muda bertanya kenapa saya menambahkan bahan bacaannya ... Karena Kejadian 2 yang sedang kita baca ini adalah "kelanjutan" kisah Penciptaan yang terjadi di Kejadian 1.

Kalau di Kejadian 1, kita belum bertemu dengan "penolong yang sepadan", taman Eden ... di Kejadian 2-lah kita bertemu dengan kelanjutan kisah penciptaan itu ... Hingga akhirnya ada kisah kejatuhan manusia ke dalam dosa di Kejadian 3.

Yang menarik adalah bagaimana firman Tuhan menggambarkan kisah penciptaan dalam Kejadian 1 dan kelanjutannya dalam Kejadian 2 ...

Kalau dalam Kejadian 1 .. kita akan bisa melihat bagaimana Allah menciptakan dan menyediakan segala sesuatunya terlebih dahulu ... sebelum Allah menempatkan manusia itu di bumi ... (lihat bagaimana Allah menciptakan manusia di hari ke enam setelah Allah menciptakan segala sesuatunya di hari-hari sebelumnya dalam Kejadian 1).

Kalau saya membayangkan di Kejadian 1 ... ketika manusia membuka matanya dan hidup ... Manusia itu sudah bisa melihat:
"Oh ... ada binatang-binantang, ada tumbuh-tumbuhan, ada segala sesuatu yang sudah Allah jadikan terlebih dahulu ..."

Dan kalau kita melihat kelanjutan kisah penciptaan dalam Kejadian 2
Ayat 4b-8
Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, -- belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu -- ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
Ayat 9
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Kalau saya membayangkan Kejadian 2 .... ketika manusia itu membukan matanya dan hidup dan ditempatkan oleh Tuhan di Taman Eden ... apa yang manusia itu lihat??
"Masih kosong! ... belum ada tumbuh-tumbuhan, binatang-binatang ... kenapa belum ada? karena itu semua masih sedang dipersiapkan oleh Tuhan yang sedang merancang itu semua."

(ingat pengalaman GKP jemaat Cawang ketika tahun 1950-an?? "Masih gubug reyot, bocor kalau ujan, kepanasan kalau kemarau ... "masih kosong")

Saya punya cerita ...

Ada seorang pemuda, dia kuliah dan ditempat kuliahnya itu dia minder sekali dengan keberadaan dirinya, keluarganya dibandingkan dengan teman-temannya yang lain ...

Suatu hari, ketika dia pulang ke rumah, dia tanya ke papanya begini:
"Papa, kenapa TUhan gak memberkati kehidupan keluarga kita???"

Papanya kemudian balik bertanya: "Loh, kok kamu ngomong gitu?"
"Iya, habis kok kayaknya keluarga kita ini yang paling sengsara di antara teman-temanku yang lain yah ..." jawab anak itu.

"Nak, ingatkah kamu ... bapakmu dulu ini datang jauh-jauh dari Medan ke Jakarta, jadi perantauan bapakmu ini dengan cuma bawa pakaian di badan dan uang ditangan yang hanya 10 ribu rupiah ... Itu 25 tahun yang lalu ...
dan sekarang kalau kamu tanya apa Tuhan gak memberkati kehidupan keluarga kita ... Lihatlah kakakmu yang sudah lulus kuliah dan sekarang sudah bekerja itu ... Lihatlah juga dirimu yang sekarang sudah kuliah, sebentar lagi lulus ... Lihatlah juga warung kecil kita ini ... Rumah kita, walau kecil, cicilannya sudah dilunasi Tuhan tahun kemarin!
Kalau kamu bertanya berkat Tuhan untuk keluarga kita, jumlahkan semua yang kamu lihat dan rasakan sekarang ini dan kemudian kurangin dengan jumlah pakaian satu pasang ditambah uang 10 ribu rupiah ... Itulah cara Tuhan memberkati dan mencukupkan kehidupan keluarga kita!!"

Apa yang terjadi dalam kisah si bapak perantauan itu??
Yang saya mau katakan adalah: baik kisah penciptaan dalam Kejadian 1 maupun kelanjutannya dalam Kejadian 2 ... Keduanya bisa menjadi awal bagi seseorang dalam membangun kehidupan mereka ...

Mari kita lihat taman Eden kita sekarang ini ...
Keluarga kita
Jemaat kita
Bangsa kita
Bukankah itu semuda adalah taman Eden yang Tuhan berikan untuk kita??

Dan baik Kejadian 1 maupun Kejadian 2, mereka punya benang merah yang sama:
Kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
Kejadian 2:15
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Kita semua punya tugas untuk mengusahakan, memelihara, mengelola Taman Eden kita!!

Dan kita diberikan kebebasan oleh Tuhan tentang bagaimana cara kita mengelola dan memberdayakan Taman Eden kita ... Silahkan mau membangun bagaimana ... berjuang gmana cara untuk mengembangkan taman Eden kita ini ..

Akan tetapi ...
Ayat 17
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Agak aneh ya ... kita tahu jalan ceritanya kemudian di Kejadian 3 ... Adam dan Hawa makan buah terlarang itu dan mereka gak mati kan .. ???

Mati secara harafiah? Mungkin tidak (jelas hal itu tidak dialami oleh Adam dan Hawa dulu) ... Akan tetapi, mati dalam pengertian ...
mereka menjadi malu, merasa bersalah, mereka sembunyi, ketakutan ... karena mereka menjadi terbuka matanya dan tersadar mereka berpaling dan berbalik dari hadapan Allah ...
di situlah mereka "mati"!!

Kerinduan kita untum mebangun nampaknya akan selalu digoda dengan kehadiran buah-buah terlarang di masa kini ...
Ingin cepat kaya - makan buah terlarang: korupsi, "ngelmu"
Ingin cepat lulus kuliah - makan buah terlarang: plagiat
Ingin jadi nomor satu - makan buah terlarang: pembunuhan karakter, sebar gosip gak bener

Ada begitu banyak "buah terlarang" di masa kini yang bisa menghancurkan taman Eden kehidupan kita

Semoga kita tidak jatuh dikesalahan yang sama - seperti yang pernah dilakukan oleh nenek moyang kita: Adam dan Hawa.

Pdt. Gerry Atje: The Story Of Us

Terima kasih sudah membaca renungan atau artikel lainnya di blog ini. Akan menyenangkan sekali bila kita saling membangun dan menguatkan satu sama lain di dalam Tuhan. Untuk berlangganan artikel blog ini melalui email, sahabat bisa mendaftarkannya melalui kotak di bawah ini dan memverifikasinya melalui email. Salam hangat selalu, untukmu.

ShareThis