Roma 10:1-15 | Membeli Surga

Renungan Khotbah Tafsir Roma 10:1-15 Gratisan seringkali dipandang murahan.
Roma 10:1-15

Membeli Surga — Ada cerita tentang seorang bapak yang meninggal dunia, kemudian disambut oleh seorang malaikat, tepat di depan pintu gerbang menuju surga. "Tolong buka pintu gerbang surganya, saya ini orang baik," kata bapak itu.

Malaikat yang mendengar hal itu pun kemudian berkata, "Eitsss tunggu dulu, kalau mau masuk surga, kamu butuh seribu point sebagai tiket masuknya. Coba bapak sebutkan semua perbuatan baik yang sudah pernah bapak lakukan selama hidup di dunia dan mari kita hitung nilainya ada berapa point total. Nanti kita lihat apakah bapak layak masuk surga atau tidak.”

Kata bapak itu, "Baiklah, yang paling pertama saya ini adalah seorang suami dan ayah yang baik dan sayang sama anak istri saya." Kata malaikat, "Oke, itu pointnya lima." Si bapak kaget, "Apa? Cuma 5 point? Pelit amat?" Malaikat menjawab, "Memang begitu cara penilaiannya mau bagaimana lagi?"

"Baiklah, saya selama sepanjang hidup ini gak pernah absen ibadah. Dapat berapa point untuk itu?" Tanya si bapak. "Untuk yang itu, nilai bapak bertambah tiga point." Kata malaikat. "Waduh, dikit amat mas," bapak tadi mengeluhkan.

Akhirnya si bapak pun menyebutkan semua perbuatan baik yang pernah dilakukannya di sepanjang kehidupannya itu. Sang malaikat pun menghitung, lalu berkata, "Untuk semua yang pernah bapak lakukan itu, total nilainya hanya 200 point saja."

Lalu si bapak pun berkata, "Wah, kalau begini mah caranya saya gak akan bisa masuk surga tanpa anugerah dan belas kasihan dari Tuhan sendiri."

Malaikat pun tersenyum dan berkata: "Betul itu. Anugerah dan belas kasih Tuhanlah point yang bernilai 1000 nya.”

Itu memang cuma cerita saja, tetapi bayangkan bila memang Tuhan memakai sistem penilaian seperti itu untuk kita bisa masuk ke dalam rumah-Nya di surga? Berapa total nilai kita untuk perbuatan baiknya? Ini pun kita belum berbicara tentang perbuatan kita yang buruk-buruknya itu.

Dalam pembacaan Alkitab kita hari ini, Roma 10:1-15, mirip sekali intinya seperti percakapan antara malaikat dan si bapak yang berpikir bahwa dengan perbuatannya itu dia bisa "membeli surga".
Roma 10:1-15
Kebenaran karena iman
10:1 Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan.
10:2 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.
10:3 Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.
10:4 Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.
10:5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya.
" 10:6 Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: "Jangan katakan di dalam hatimu: Siapakah akan naik ke sorga?", yaitu: untuk membawa Yesus turun,
10:7 atau: "Siapakah akan turun ke jurang maut?", yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati.
10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan.
10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
10:11 Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan."
10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.
10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.
10:14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?
10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"
Hanya kurang satu saja dalam pembacaan cerita itu bila dibandingkan dengan pembacaan Alkitab kita hari ini, yaitu: satu tokoh lagi yang mendengar percakapan mereka dan gak ngerti apa-apa tentang itu.

Jadi pas kan ya:
Gambaran malaikat adalah Rasul Paulus, yang mau menyatakan bahwa bukan perbuatan yang penting, melainkan anugerah. Gambaran bapak adalah orang Yahudi, yang seperti tadi sudah dikatakan, diminta berpikir bahwa dengan perbuatan mereka bisa membeli surga.

Dan terakhir, orang Yunani.

Mari kita melihat satu persatu gambaran dan kisah dari 3 tokoh dalam perikop kita hari ini.

Tentang orang Yahudi

Roma 10:1-3
1 Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan. 2 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar. 3 Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.

Inti permasalah yang dihadapi oleh orang Yahudi, baik yang tetap menolak Yesus maupuan mereka yang pada akhirnya menjadi seorang yang percaya, ya ini dia: Mereka (dikatakan) berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri (ayat 3) dan mereka giat mencari Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar (ayat 2).

Ini berkaitan tentang Perjanjian yang Baru yang dilaksanakan oleh Allah melalui diri-Nya yang mewujud dalam rupa manusia: Yesus, darah perjanjian yang menebus dosa umat manusia yang percaya.

Makanya para rasul, bukan hanya Paulus ya, hampir selalu bentrok dengan orang Yahudi yang sudah menjadi seorang pengikut Kristus pada waktu itu karena mereka masih selalu beranggapan bahwa semua orang Kristen itu harus menjadi seperti orang Yahudi dahulu sebelum bisa menerima "kunci surga – tiket masuk surga." Harus sunat, memberlakukan haram - halal dan lain-lain.

Perjanjian Lama yang didasarkan kepada mengerjakan hukum supaya memiliki hidup (ayat 5) yang sejak jaman Yesus Kristus sudah digenapi-Nya melalui kurban darah kematian dan kebangkitan Kristus (ayat 9).

Roma 10:5,9
5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya." ... 9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Tentang Rasul Paulus

Kita bisa melihat bahwa dalam peristiwa Kristus, Allah telah menggenapi seluruh Hukum Taurat supaya semua orang yang percaya bisa selamat.

Hukum Taurat intinya adalah ...
a) Hukum tertulis yang harus dikerjakan untuk memiliki hidup. Seratus persen harus dikerjakan, sebab bila tidak, maka itulah cacatnya seorang manusia yang tidak mentaati hukum.
b) Dan memang tidak pernah ada seorang manusia pun di dunia ini yang sanggup melakukan hal itu semua tanpa cacat cela. Semua manusia akhirnya cacat hukum di mata Tuhan.
c) Hasilnya adalah setiap orang otomatis tidak memiliki hidup yang sejati di mata Tuhan karena memiliki cacat hukum itu.

Paulus selalu bilang, "Justru melalui Hukum Tauratlah kita mengenal dosa" (Roma 3:20). Ya karena tiga hal inti dari Hukum Taurat itu: Pelaksanaan seratus persen yang ternyata gagal dilaksanakan oleh semua manusia."

Oleh sebab itulah dalam perikop kita hari ini dinyatakan dalam ayat 4:

Roma 10:4
"Sebab Kristus adalah kegenapan Hukum Taurat ..."

Dalam bahasa aslinya, kata yang digunakan untuk menerjemahkan nya menjadi ‘kegenapan’ adalah kata Yunani: telos. Arti harafiah dari telos adalah tujuan, perwujudan dan penyempurnaan.

Jadi melalui peristiwa Kristus lah Hukum Taurat itu menjadi sempurna dan diwujud-nyatakan kepada manusia untuk mengembalikan tujuan utama dari Hukum Taurat itu sendiri, yaitu: Hukum Kasih. Kasihi Tuhan – Kasihi sesamamu – seperti kamu mengasihi dirimu sendiri.

Tentang orang Yunani

Tinggallah satu kelompok yang hampir selalu diombang-ambingkan oleh rupa-rupa pengajaran dan akhirnya menjadi kebingungan sendiri untuk menjadi seorang yang diselamatkan.

Yahudi mengatakan untuk menjadi selamat, mereka (orang-orang Yunani) harus mengerjakan semua apa yang telah mereka (orang-orang Yahudi) kerjakan untuk Tuhan. Padahal iman Kristen kita tidak pernah mengatakan hal itu.

Roma 10:9
Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Saya kira inilah keunikan dari cara Allah menyatakan diri-Nya dalam Kristus yang tidak akan kita temukan dalam iman-iman yang lain.

Iman yang lain mengatakan bahwa untuk mencapai surga, manusia perlu "membelinya" dengan nilai perbuatan yang baik dan benar. Kalau gak baik dan benar? Ya point belinya menjadi berkurang. Sedangkan iman kita berkata bahwa Allah di dalam Kristus sudah membayar "ongkos masuk surga" itu sejak awal. Bayar di muka (sejak peristiwa kematian dan kebangkitan Kristus itu).

Tugas orang percaya tidak lagi dalam hal mengkuatirkan "tak kebagian tiket masuk surga" melainkan mempertahankan "tiket keselamatan" yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada kita secara gratis.

Tetapi mungkin ini yang menjadi godaan terbesar kita sebagai orang percaya:

Karena itu (keselamatan) bukanlah hasil dari usaha perbuatan kita, melainkan anugerah yang diberikan secara cuma-cuma untuk kita, maka karena gratisan seringkali dipandang “murahan” (Seperti kata Dietrich Bonhoffer, Anugerah yang murahan).

Menjadi anugerah yang murahan karena beberapa orang yang telah diberikan anugerah keselamatan itu secara cuma-cuma, menjadi tidak menghargai sepenuhnya apa yang telah diberikan Tuhan kepada mereka itu. Gratisan kan beda bila kita mendapatkannya dengan perjuangan berat.

Tiket keselamatan yang dengan mudah dibuang ke tempat sampah untuk mengejar sesuatu di dunia ini: kedudukan, harta, masa depan, dan lain-lain.

Kita yang baca renungan ini masih pada pegang tiket keselamatan itu kan ya?

Iman yang kecil akan membawa jiwa Anda ke surga, tetapi iman yang besar akan membawa surga kepada jiwa Anda. (Spurgeon)

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>