Dr. Evan O’Neill Kane & Sejarah Bius Lokal Pada Operasi Usus Buntu

Dr. Evan O’Neill Kane, dokter bedah kepala dari The Kane Summit Hospital di New York, selama bertahun-tahun terpikat oleh kemungkinan penggunaan bius lokal di area-area di mana bius total secara tradisional digunakan. Ia ingin segera mengetahui apakah operasi usus buntu dapat dilakukan dengan hanya menggunakan bius lokal. 

Setelah melakukan hampir 4000 operasi serupa dalam empat dekade sebagai seorang dokter bedah, Dr. Kane yakin bahwa operasi itu cocok (usus buntu) untuk dilakukan dengan bius lokal, namun sulit untuk menemukan seseorang yang bersedia untuk tetap terjaga selama pembedahan semacam itu. 

Kemudian, pada tanggal 15 Februari 1921, ia akhirnya menemukan seorang pasien yang mau melakukan hal itu. Ia mempersiapkan pasien tersebut, lalu dengan cekatan memindahkan usus buntu yang menggangu itu. Si pasien tidak merasakan sakit sama sekali dan pulih dengan baik. Operasi itu dianggap sebagai suatu keberhasilan luar biasa. 


Pasien itu tidak lain adalah Dr. Kane sendiri. Ia berhasil membuang usus buntunya sendiri dengan bius lokal, sehingga dengan demikian membuka jalan bagi banyak pasien untuk menjalani operasi serupa, tanpa komplikasi dan kesulitan yang kadang-kadang di alami dengan bius total. 

Kisah-kisah Rohani Pembangkit Semangat – untuk Pemimpin, hlm. 211.
Previous
Next Post »