Bina Pra Nikah


SESI 1: Saya Pikir Saya Siap Menikah!

- Perkenalan - Rencana - Persiapan
- Saya pikir saya siap menikah! (Yakin?)

Video: License to Wed

SESI 2: Seharusnya ... 

Dasar Pernikahan Kristiani
- Pernikahan sebagai inisiatif Allah
- Tujuan menikah
- Apa yang Allah kehendaki di dalam Pernikahan?

Referensi Ayat Alkitab
Kejadian 2:18-24
TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. ... tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki." Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Efesus 5:21-33
dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. ... Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, ... Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. ... kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Matius 19:5-6
Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

SESI 3: Dia Mah Gitu Orangnya!

Mengenal diri sendiri dan pasangan hidup kita
- Karakter diri
- Berdamai dengan masa lalu
- Komunikasi
- Mengenal keluarga pasangan kita

Video: Meet The Parents
Referensi Ayat Alkitab
1 Korintus 13:4-7
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

SESI 4: Pecahkan Saja Gelasnya Biar Ramai!

Mengelola Konflik dengan Bijak
- Kenapa kamu marah?
- Ribut - Rukun

Referensi Ayat Alkitab
Efesus 4:26-27
Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Amsal 15:1
Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

SESI 5: Jika Tuhan Berkenan ... 

Mempersiapkan Masa Depan
- Anak
- Mengelola ekonomi keluarga
- Merencanakan Liburan Keluarga

Video: Facing the Giants
Referensi Ayat Alkitab
Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

2 Tesalonika 3:10b
... jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

SESI 6: Honey, I'm Home!

Keluarga yang beribadah kepada Allah
- Mengenal kegiatan pelayanan di Gereja
- Mezbah keluarga

Video: War Room
Referensi Ayat Alkitab
Yosua 24:15-16
Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!" Lalu bangsa itu menjawab: "Jauhlah dari pada kami meninggalkan TUHAN untuk beribadah kepada allah lain!

Previous
Next Post »