Cara Membuat Catatan Kaki dalam Postingan


Catatan kaki menjadi penting karena kita sering menggunakan referensi sumber yang bisa kita lampirkan dalam postingan di blog kita. Akan tetapi bukan berhenti di situ saja, catatan kaki juga bisa digunakan untuk penanda dalam daftar isi (yang kita letakkan di awal postingan) di suatu postingan apabila yang kita posting itu merupakan artikel yang cukup panjang. Tujuannya jelas, untuk menemukan yang kita tandai itu dengan cepat.

Contoh:

BAGIAN 1
Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya. Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya. Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya. Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan. Ia membeli sebuah ladang yang diingininya, dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya. Ia mengikat pinggangnya dengan kekuatan, ia menguatkan lengannya. Ia tahu bahwa pendapatannya menguntungkan, pada malam hari pelitanya tidak padam.Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal. Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin. Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena seluruh isi rumahnya berpakaian rangkap. Ia membuat bagi dirinya permadani, lenan halus dan kain ungu pakaiannya. Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri. Ia membuat pakaian dari lenan, dan menjualnya, ia menyerahkan ikat pinggang kepada pedagang. Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia: Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua. Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji. Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang! [1]

BAGIAN 2
[1] Amsal 31:10-31

Itulah contoh jadinya. 
Bagaimana cara membuat seperti itu? Untuk mendapatkan pola catatan kaki seperti di atas, yang perlu dilakukan adalah ...

Langkah pertama, copy script ini

<sup><a href="#footnote1" name="artikel1">[1]</a></sup>

Letakkan script tersebut di tempat di mana Sahabat ingin menaruh catatan kaki dalam artikel yang sedang Sahabat kerjakan di blog. Sampai di sini, Sahabat sudah sampai pada tahap BAGIAN 1 - di mana Sahabat melihat ada tanda [1] sebagai penunjuk catatan kaki pada tulisan artikel Sahabat.

Langkah kedua, copy script di bawah ini lalu letakkan di bagian paling akhir tulisan Sahabat sebagai penunjuk catatan kaki seperti yang bisa Sahabat lihat dalam BAGIAN 2.

<sup><a href="#artikel1" name="footnote1">[1]</a></sup>

Sampai di sini, Sahabat sudah mendapatkan pola seperti yang ada pada BAGIAN 2.

Langkah terakhir adalah sewaktu Sahabat menyimpan dan mempublish postingan Sahabat dan men-cek catatan kaki yang sudah terpasang seperti yang bisa Sahabat lihat dalam BAGIAN 1 dan BAGIAN 2, Sahabat akan segera menyadari bahwa ketika [1] ini di klik, maka dia akan membaca Sahabat (atau orang yang membaca artikel sahabat) bukan menuju pada catatan kaki yang ada di bawah tulisan Sahabat dalam postingan tersebut.

Untuk memperbaiki itu, Sahabat perlu melihat kembali pada postingan sahabat dengan menggunakan format edit HTML (sekali lagi, bukan dalam format edit Compose). Ketika Sahabat mengecek kembali format script di atas yang sudah Sahabat masukkan dan simpan itu, ternyata scriptnya mengalami perubahan, yaitu: akan ada penambahan otomatis di bagian yang saya bold di sini:

<sup><a href="https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5772727775078748797#footnote1" name="artikel1">[1]</a></sup>

Tugas terakhir Sahabat agar script itu bisa berjalan sebagaimana mestinya adalah MENGGANTI tulisan a href=" (yang saat itu sudah berubah: a href="https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5772727775078748797) menjadi alamat link postingan Sahabat.

Pasti bingung kan. Hahaha. 

Gak pa pa, di coba saja ... nanti juga mengerti. 
Memang sulit menjelaskannya. Berhasil kok itu. 
Sebagai contoh Catatan Kaki yang sudah jadi dengan benar, KLIK DI SINI

* Dari berbagai sumber
Previous
Next Post »