Relevankah Umat Islam Bertanya Ayat Ketuhanan Yesus di Alkitab? - Pdt. Gerry Atje
Ikut Yesus
Dalam keseharian kita sebagai orang percaya tentu kita sering sekali bertemu dengan kesempatan di mana saudara-saudari kita yang memeluk kepercayaan lain bertanya tentang iman Kristen, terutama tentang "Ketuhanan Yesus Kristus". Saya pun begitu. Dalam tulisan ini saya mensharingkan apa kata Alkitab tentang Yesus Kristus. Tulisan ini saya buat sekaligus sebagai salah satu materi katekisasi di gereja.

Kesaksian Alkitab: Yesus Kristus itu adalah Tuhan

Membela Alkitab? Aku akan melakukannya sebagaimana aku akan melakukannya untuk seekor singa! Lepaskanlah rantainya dan ia akan membela dirinya! - Spurgeon

Banyak saudara-saudari kita di luar sana yang berkata: "Tidak ada dasar di Alkitab yang menyebutkan bahwa Yesus Kristus itu Tuhan!" Sebenarnya ada begitu banyak ayat, baik secara tersurat dan tersirat, yang menunjukkan ketuhanan Yesus Kristus di dalam Alkitab. Di bawah ini saya kutipkan beberapa ayat Alkitab yang dari situ kita bisa mengetahui bahwa di dalam Alkitab kita dinyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang datang dalam rupa manusia. Mari kita melihat beberapa ayat yang bisa kita baca.

a. Pernyataan Yesus Kristus di dalam Alkitab

Yohanes 13:13, 19-20
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. ... Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.

Yohanes 14:9-10
Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, Aku tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Yohanes 8:23
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Yohanes 8:42a
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah.

Matius 28:17-20
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Yohanes 5:19
Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Yohanes 12:44-45
Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

b. Respon Umat Yahudi di zaman Yesus Kristus

Yohanes 5:17-18
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Markus 2:5-7
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!" Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"

Matius 26:63-66
Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit." Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!"

c. Kesaksian Orang Percaya di dalam Alkitab

Kisah Para Rasul 2:36-38
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kolose 1:15
Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, ... .

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Lukas 4:18-21
"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Yohanes 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Yohanes 1: 1-3, 14
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. ... Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Lukas 2:10-11
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (bnd. Yesaya 43:11 "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.)

Yohanes 8:58
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Yohanes 5:39-40
Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Yohanes 5:46
Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

Wahyu 1:17-18
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. (bnd. Yesaya 44:6, Yesaya 48:12)

Yohanes 10:10b
(Yesus Kristus berkata) "Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Pasti masih banyak ayat lainnya yang bisa kita bahas bersama. Saya akan menambahkannya nanti jika menemukan lagi ayat Alkitab yang terkait dengan topik kita ini.

Mempertanyakan Relevansi Saudara Islam Kita yang masih Bertanya tentang Dasar Ayat Ketuhanan Yesus Kristus

Mohon teliti membaca bagian ini agar tidak salah memahami maksud saya.

Di dalam Kitab Suci saudara kita yang beragama Islam, sudah jelas dinyatakan bahwa Yesus Kristus (Isa Almasih) adalah "bukan Tuhan". Ada banyak ayat yang mengatakan hal itu di dalam Kitab Suci saudara kita yang beragama Islam. Kita harus menghargai perbedaan iman seperti ini. Sejak zaman Tuhan Yesus ada di dunia pun tidak semua orang percaya bahwa Dia adalah Tuhan. Jadi menurut saya, kita sebagai umat Kristen terbiasa dengan perbedaan iman tanpa harus menjadi bertengkar karena berbeda.

Yang hendak saya soroti pada bagian ini adalah ketika saudara Islam kita bertanya: "Apakah ada ayat yang menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan?" Kita sudah menjawabnya pada awal tulisan ini tadi. Saya kadang membaca Kitab Suci saudara kita yang Islam juga dan tertarik dengan ayat ini:

QS 9:30 Orang-orang Yahudi berkata: “Uzair itu putera Allah” dan orang-orang Nasrani berkata: “Al Masih itu putera Allah”. Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Berdasarkan ayat itu, orang Yahudi dan Nasrani dinyatakan sebagai kafir (menuhankan Tuhan selain Allah) karena menyebut Yesus Kristus sebagai Anak Allah. Jadi untuk menjawab pertanyaan saudara kita yang beragama Islam tentang dasar ayat mengenai ketuhanan Yesus Kristus, sebenarnya sudah cukup lengkap buat saya.

Menurut Alkitab, Yesus Kristus itu adalah Tuhan.
Menurut Kitab Suci saudara kita Islam, sewaktu Yesus Kristus disebut sebagai Anak Allah, itu dianggap sebagai suatu bentuk kekafiran yang menuhankan Tuhan selain Allah.

Jadi jika saya yang ditanya tentang ayat ketuhanan Yesus Kristus di Alkitab, saya akan mulai dengan mengutip pula QS 9:30 itu untuk menunjukkan bahwa jika ada ayat Alkitab yang menyebut Yesus itu adalah Anak Allah, maka itu merupakan bukti ketuhanan Yesus (menurut QS 9:30) yang diimani oleh umat Nasrani tetapi ditolak oleh saudara kita umat Islam sejak zaman dahulu kala.

Masih relevankah saudara kita umat Islam bertanya tentang dasar ayat ketuhanan Yesus Kristus? Salam damai kasih Tuhan Yesus Kristus.

I don't care if you like each other or not, but you will respect each other.
- Coach Boone | Remember The Titans

Relevankah Umat Islam Bertanya Ayat Ketuhanan Yesus di Alkitab?

Ikut Yesus
Dalam keseharian kita sebagai orang percaya tentu kita sering sekali bertemu dengan kesempatan di mana saudara-saudari kita yang memeluk kepercayaan lain bertanya tentang iman Kristen, terutama tentang "Ketuhanan Yesus Kristus". Saya pun begitu. Dalam tulisan ini saya mensharingkan apa kata Alkitab tentang Yesus Kristus. Tulisan ini saya buat sekaligus sebagai salah satu materi katekisasi di gereja.

Kesaksian Alkitab: Yesus Kristus itu adalah Tuhan

Membela Alkitab? Aku akan melakukannya sebagaimana aku akan melakukannya untuk seekor singa! Lepaskanlah rantainya dan ia akan membela dirinya! - Spurgeon

Banyak saudara-saudari kita di luar sana yang berkata: "Tidak ada dasar di Alkitab yang menyebutkan bahwa Yesus Kristus itu Tuhan!" Sebenarnya ada begitu banyak ayat, baik secara tersurat dan tersirat, yang menunjukkan ketuhanan Yesus Kristus di dalam Alkitab. Di bawah ini saya kutipkan beberapa ayat Alkitab yang dari situ kita bisa mengetahui bahwa di dalam Alkitab kita dinyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang datang dalam rupa manusia. Mari kita melihat beberapa ayat yang bisa kita baca.

a. Pernyataan Yesus Kristus di dalam Alkitab

Yohanes 13:13, 19-20
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. ... Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.

Yohanes 14:9-10
Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, Aku tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Yohanes 8:23
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Yohanes 8:42a
Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah.

Matius 28:17-20
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Yohanes 5:19
Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Yohanes 12:44-45
Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

b. Respon Umat Yahudi di zaman Yesus Kristus

Yohanes 5:17-18
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Markus 2:5-7
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!" Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"

Matius 26:63-66
Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit." Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!"

c. Kesaksian Orang Percaya di dalam Alkitab

Kisah Para Rasul 2:36-38
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kolose 1:15
Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, ... .

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Lukas 4:18-21
"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Yohanes 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Yohanes 1: 1-3, 14
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. ... Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Lukas 2:10-11
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (bnd. Yesaya 43:11 "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.)

Yohanes 8:58
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Yohanes 5:39-40
Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Yohanes 5:46
Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

Wahyu 1:17-18
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. (bnd. Yesaya 44:6, Yesaya 48:12)

Yohanes 10:10b
(Yesus Kristus berkata) "Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Pasti masih banyak ayat lainnya yang bisa kita bahas bersama. Saya akan menambahkannya nanti jika menemukan lagi ayat Alkitab yang terkait dengan topik kita ini.

Mempertanyakan Relevansi Saudara Islam Kita yang masih Bertanya tentang Dasar Ayat Ketuhanan Yesus Kristus

Mohon teliti membaca bagian ini agar tidak salah memahami maksud saya.

Di dalam Kitab Suci saudara kita yang beragama Islam, sudah jelas dinyatakan bahwa Yesus Kristus (Isa Almasih) adalah "bukan Tuhan". Ada banyak ayat yang mengatakan hal itu di dalam Kitab Suci saudara kita yang beragama Islam. Kita harus menghargai perbedaan iman seperti ini. Sejak zaman Tuhan Yesus ada di dunia pun tidak semua orang percaya bahwa Dia adalah Tuhan. Jadi menurut saya, kita sebagai umat Kristen terbiasa dengan perbedaan iman tanpa harus menjadi bertengkar karena berbeda.

Yang hendak saya soroti pada bagian ini adalah ketika saudara Islam kita bertanya: "Apakah ada ayat yang menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan?" Kita sudah menjawabnya pada awal tulisan ini tadi. Saya kadang membaca Kitab Suci saudara kita yang Islam juga dan tertarik dengan ayat ini:

QS 9:30 Orang-orang Yahudi berkata: “Uzair itu putera Allah” dan orang-orang Nasrani berkata: “Al Masih itu putera Allah”. Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Berdasarkan ayat itu, orang Yahudi dan Nasrani dinyatakan sebagai kafir (menuhankan Tuhan selain Allah) karena menyebut Yesus Kristus sebagai Anak Allah. Jadi untuk menjawab pertanyaan saudara kita yang beragama Islam tentang dasar ayat mengenai ketuhanan Yesus Kristus, sebenarnya sudah cukup lengkap buat saya.

Menurut Alkitab, Yesus Kristus itu adalah Tuhan.
Menurut Kitab Suci saudara kita Islam, sewaktu Yesus Kristus disebut sebagai Anak Allah, itu dianggap sebagai suatu bentuk kekafiran yang menuhankan Tuhan selain Allah.

Jadi jika saya yang ditanya tentang ayat ketuhanan Yesus Kristus di Alkitab, saya akan mulai dengan mengutip pula QS 9:30 itu untuk menunjukkan bahwa jika ada ayat Alkitab yang menyebut Yesus itu adalah Anak Allah, maka itu merupakan bukti ketuhanan Yesus (menurut QS 9:30) yang diimani oleh umat Nasrani tetapi ditolak oleh saudara kita umat Islam sejak zaman dahulu kala.

Masih relevankah saudara kita umat Islam bertanya tentang dasar ayat ketuhanan Yesus Kristus? Salam damai kasih Tuhan Yesus Kristus.

I don't care if you like each other or not, but you will respect each other.
- Coach Boone | Remember The Titans

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER