Kemustahilan Membuktikan Yesus Tidak Mati Disalib - Pdt. Gerry Atje
paku salib
Saya sebenarnya tidak tertarik untuk membahas percakapan antar iman seperti ini karena memang di antara kita (Kristen dan saudara kita yang beragama Islam) memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai Yesus Kristus (yang di dalam kitab suci mereka disebut Isa Almasih). Akan tetapi, toh akhirnya perlu juga sedikit disinggung - terutama untuk kepentingan kelas katekisasi - agar kita mendapatkan gambaran yang cukup adil mengenai topik penyaliban dan kematian Yesus Kristus (dan kebangkitan-Nya) di dalam Alkitab dan juga melihat sedikit pada kitab suci saudara Islam kita.

Apalagi jika sahabat Kristen ketika berselancar di Facebook atau tempat lainnya di online, bertemu dengan yang seperti ini. Hmmmm ...

pertanyaan saudara Islam
Survey Kitab Injil Matius

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Matius 16:21 - Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
2. Matius 17:22-23 - Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan." Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.
3. Matius 20:18-19 - "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."
4. Matius 26:2 - "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Penetapan Perjamuan Malam
Matius 26:26-29 - Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."

Penangkapan Yesus
Matius 26:55 - Pada saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku.

Yesus dihadapan Mahkamah Agama
Matius 26:63-64 - Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

Yesus menyerahkan nyawa-Nya
Matius 27:50 - Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Matius 28:5-7 - Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."


Survey Kitab Injil Markus

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Markus 8:31 - Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.
2. Markus 9:31 - sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit."
3. Markus 10:33 - kata-Nya: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah,

Penangkapan Yesus
Markus 14:48-49 - Kata Yesus kepada mereka: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi haruslah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci."

Yesus mati
Markus 15:37 - Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Markus 16:6-7 - tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."


Survey Kitab Injil Lukas

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Lukas 9:22 - Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."
2. Lukas 9:44 - "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."
3. Lukas 18:32-33 - Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi, dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit."

Yesus mati
Lukas 23:46 - Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Lukas 24:5-7 - Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."


Survey Kitab Injil Yohanes

Yesus memberitahukan kematian-Nya
Yohanes 12:32-33 - dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Yesus dihukum mati
Yohanes 19:30 - Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus - Yohanes 20:11-18


Untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai bukti-bukti sejarah tentang kematian dan penyaliban Yesus Kristus, sila baca: Ioanes Rakhmat: Siapa yang Disalibkan?

Isa
(kepada Nasrani sejati)

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

rubuh
patah

mendampar tanya: aku salah?

kulihat Tubuh mengucur darah
aku berkaca dalam darah

terbayang terang di mata masa
bertukar rupa ini segara

mengatup luka
aku bersuka

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

Chairil Anwar, 12 November 1943

Keterangan Ayat Quran

Setelah kita melihat keterangan Alkitab tentang kematian dan kebangkitan Yesus yang mustahil disangkal lagi, mari kita melihat sedikit ayat dari kitab suci saudara Islam kita.

Persinggungan antara iman Kristen dengan saudara kita Islam mengenai penangkapan, pengadilan, penyaliban dan kematian Yesus sebenarnya mengacu pada pertanyaan siapakah orang yang telah ditangkap, diadili, disalib hingga mati? Bukan pada soalan klaim bahwa kejadian penangkapan, pengadilan, penyaliban hingga wafat itu adalah suatu hoax.

Berdasarkan ayat di bawah ini kita menyadari bahwa kitab suci saudara kita pun tidak menyangkal adanya kejadian penangkapan, pengadilan dan penyaliban hingga mati, persoalannya adalah siapa orang yang terbunuh di kayu salib itu? Menurut mayoritas Islam, jawabannya adalah orang yang disalib itu bukanlah Yesus melainkan ada orang lain (orang yang diserupakan menggantikan Yesus) untuk menjalani proses penangkapan, pengadilan dan penyaliban hingga terbunuh.
4:157 dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.
Sampai di sini kita mengetahui bahwa yang menjadi inti persoalan perbedaan antara kita dan saudara Islam kita adalah mengenai sosok orang yang disalib dan terbunuh itu.

Di sisi yang lain, kitab suci saudara Islam kita berkali-kali menegaskan tentang Isa Almasih bahwa Isa Almasih itu wafat, seperti yang ada dalam beberapa ayat di bawah ini:
Surat 2:87 - ... Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu menyombong; maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?

Surat 3:55 - (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".

Surat 5:117 - ... Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu

Surat 4:159 - Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya ('Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti 'Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.


Kematian di Kayu Salib: Sebuah Perbandingan

Apabila kita mau membandingkan kedua penceritaan di Injil dan Quran, kira-kira bentuknya akan menjadi seperti ini:

Kisah
Injil
Quran
Penangkapan Ada Ada (4:157)
Pengadilan Ada Ada (4:157)
Penyaliban Ada Ada (4:157)
Kematian Ada Ada (4:157)
Orang yang mati disalib Yesus Kristus Orang yang Diserupakan


Kemustahilan Membuktikan Yesus Tidak Mati Disalib dalam Narasi Injil

Masalahnya, ketika ada saudara kita yang Islam berusaha untuk membuktikan bahwa bukan Yesus yang ditangkap, diadili, disalib dan mati (kemudian bangkit) menurut saya menjadi sulit (jika tidak mau dikatakan mustahil) dalam narasi Injil karena yang pertama kali dibuktikan dan dicari kejadiannya seharusnya adalah saat di mana Yesus berganti dengan "orang yang diserupakan" menurut versi Islam yang kemudian dicocokkan dengan narasi Injil.

Dengan menitik-tolak dari (pra-asumsi) kejadian pertukaran itu (jika mau dipaksakan masuk dan ada klaim kisahnya dalam narasi Injil) kemudian dikaji rentetan kisah selanjutnya, apakah masuk akal "orang yang diserupakan" akan berkata-kata seperti yang kita baca dalam Injil? Inilah kemustahilannya, karena narasi penyaliban dan kematian Yesus sudah sejak awal dikisahkan dalam Injil yang menggunakan kronologi alur maju.

Kesulitan yang lainnya adalah tidak ada data pendukung sumber independen abad mula-mula (sekitar tahun 30-100 Masehi) yang mengkonfirmasi keterangan Quran. (Baca kembali tulisan Ioanes Rakhmat: Siapa yang Disalibkan?).

Lakum diinukum wa liya diin - Jelas kita di sini perlu menghargai sikap iman saudara Islam kita yang mempercayai bahwa orang yang mati disalib itu adalah bukan Yesus Kristus. Namun, apakah kita juga bisa berharap hal yang sama dari saudara kita untuk tidak terlalu memaksakan bahwa apa yang ada di dalam Injil haruslah terkesan mereka paksakan untuk cocok dengan apa yang diimani dalam kitab suci mereka?

I don't care if you like each other or not, but you will respect each other.
- Coach Boone | Remember The Titans

Kemustahilan Membuktikan Yesus Tidak Mati Disalib

paku salib
Saya sebenarnya tidak tertarik untuk membahas percakapan antar iman seperti ini karena memang di antara kita (Kristen dan saudara kita yang beragama Islam) memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai Yesus Kristus (yang di dalam kitab suci mereka disebut Isa Almasih). Akan tetapi, toh akhirnya perlu juga sedikit disinggung - terutama untuk kepentingan kelas katekisasi - agar kita mendapatkan gambaran yang cukup adil mengenai topik penyaliban dan kematian Yesus Kristus (dan kebangkitan-Nya) di dalam Alkitab dan juga melihat sedikit pada kitab suci saudara Islam kita.

Apalagi jika sahabat Kristen ketika berselancar di Facebook atau tempat lainnya di online, bertemu dengan yang seperti ini. Hmmmm ...

pertanyaan saudara Islam
Survey Kitab Injil Matius

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Matius 16:21 - Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
2. Matius 17:22-23 - Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan." Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.
3. Matius 20:18-19 - "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."
4. Matius 26:2 - "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Penetapan Perjamuan Malam
Matius 26:26-29 - Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."

Penangkapan Yesus
Matius 26:55 - Pada saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku.

Yesus dihadapan Mahkamah Agama
Matius 26:63-64 - Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

Yesus menyerahkan nyawa-Nya
Matius 27:50 - Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Matius 28:5-7 - Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."


Survey Kitab Injil Markus

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Markus 8:31 - Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.
2. Markus 9:31 - sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit."
3. Markus 10:33 - kata-Nya: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah,

Penangkapan Yesus
Markus 14:48-49 - Kata Yesus kepada mereka: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi haruslah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci."

Yesus mati
Markus 15:37 - Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Markus 16:6-7 - tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."


Survey Kitab Injil Lukas

Pemberitahuan kematian dan penyaliban Yesus
1. Lukas 9:22 - Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."
2. Lukas 9:44 - "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."
3. Lukas 18:32-33 - Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi, dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit."

Yesus mati
Lukas 23:46 - Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus
Lukas 24:5-7 - Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."


Survey Kitab Injil Yohanes

Yesus memberitahukan kematian-Nya
Yohanes 12:32-33 - dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Yesus dihukum mati
Yohanes 19:30 - Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Kebangkitan Yesus - Yohanes 20:11-18


Untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai bukti-bukti sejarah tentang kematian dan penyaliban Yesus Kristus, sila baca: Ioanes Rakhmat: Siapa yang Disalibkan?

Isa
(kepada Nasrani sejati)

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

rubuh
patah

mendampar tanya: aku salah?

kulihat Tubuh mengucur darah
aku berkaca dalam darah

terbayang terang di mata masa
bertukar rupa ini segara

mengatup luka
aku bersuka

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

Chairil Anwar, 12 November 1943

Keterangan Ayat Quran

Setelah kita melihat keterangan Alkitab tentang kematian dan kebangkitan Yesus yang mustahil disangkal lagi, mari kita melihat sedikit ayat dari kitab suci saudara Islam kita.

Persinggungan antara iman Kristen dengan saudara kita Islam mengenai penangkapan, pengadilan, penyaliban dan kematian Yesus sebenarnya mengacu pada pertanyaan siapakah orang yang telah ditangkap, diadili, disalib hingga mati? Bukan pada soalan klaim bahwa kejadian penangkapan, pengadilan, penyaliban hingga wafat itu adalah suatu hoax.

Berdasarkan ayat di bawah ini kita menyadari bahwa kitab suci saudara kita pun tidak menyangkal adanya kejadian penangkapan, pengadilan dan penyaliban hingga mati, persoalannya adalah siapa orang yang terbunuh di kayu salib itu? Menurut mayoritas Islam, jawabannya adalah orang yang disalib itu bukanlah Yesus melainkan ada orang lain (orang yang diserupakan menggantikan Yesus) untuk menjalani proses penangkapan, pengadilan dan penyaliban hingga terbunuh.
4:157 dan karena ucapan mereka : "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa.
Sampai di sini kita mengetahui bahwa yang menjadi inti persoalan perbedaan antara kita dan saudara Islam kita adalah mengenai sosok orang yang disalib dan terbunuh itu.

Di sisi yang lain, kitab suci saudara Islam kita berkali-kali menegaskan tentang Isa Almasih bahwa Isa Almasih itu wafat, seperti yang ada dalam beberapa ayat di bawah ini:
Surat 2:87 - ... Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu menyombong; maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?

Surat 3:55 - (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".

Surat 5:117 - ... Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu

Surat 4:159 - Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya ('Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti 'Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.


Kematian di Kayu Salib: Sebuah Perbandingan

Apabila kita mau membandingkan kedua penceritaan di Injil dan Quran, kira-kira bentuknya akan menjadi seperti ini:

Kisah
Injil
Quran
Penangkapan Ada Ada (4:157)
Pengadilan Ada Ada (4:157)
Penyaliban Ada Ada (4:157)
Kematian Ada Ada (4:157)
Orang yang mati disalib Yesus Kristus Orang yang Diserupakan


Kemustahilan Membuktikan Yesus Tidak Mati Disalib dalam Narasi Injil

Masalahnya, ketika ada saudara kita yang Islam berusaha untuk membuktikan bahwa bukan Yesus yang ditangkap, diadili, disalib dan mati (kemudian bangkit) menurut saya menjadi sulit (jika tidak mau dikatakan mustahil) dalam narasi Injil karena yang pertama kali dibuktikan dan dicari kejadiannya seharusnya adalah saat di mana Yesus berganti dengan "orang yang diserupakan" menurut versi Islam yang kemudian dicocokkan dengan narasi Injil.

Dengan menitik-tolak dari (pra-asumsi) kejadian pertukaran itu (jika mau dipaksakan masuk dan ada klaim kisahnya dalam narasi Injil) kemudian dikaji rentetan kisah selanjutnya, apakah masuk akal "orang yang diserupakan" akan berkata-kata seperti yang kita baca dalam Injil? Inilah kemustahilannya, karena narasi penyaliban dan kematian Yesus sudah sejak awal dikisahkan dalam Injil yang menggunakan kronologi alur maju.

Kesulitan yang lainnya adalah tidak ada data pendukung sumber independen abad mula-mula (sekitar tahun 30-100 Masehi) yang mengkonfirmasi keterangan Quran. (Baca kembali tulisan Ioanes Rakhmat: Siapa yang Disalibkan?).

Lakum diinukum wa liya diin - Jelas kita di sini perlu menghargai sikap iman saudara Islam kita yang mempercayai bahwa orang yang mati disalib itu adalah bukan Yesus Kristus. Namun, apakah kita juga bisa berharap hal yang sama dari saudara kita untuk tidak terlalu memaksakan bahwa apa yang ada di dalam Injil haruslah terkesan mereka paksakan untuk cocok dengan apa yang diimani dalam kitab suci mereka?

I don't care if you like each other or not, but you will respect each other.
- Coach Boone | Remember The Titans

Terimakasih sudah membaca renungan di blog ini. Sahabat dapat menerima renungan langsung melalui email dengan mendaftarkan email Sahabat di kotak subscribe. Tuhan memberkati selalu.


SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER